KAMUFLASE FILE

Pada posting sebelumnya telah saya tuliskan cara mengunci folder dan cara menghidden folder yang lebih aman. Namun saya masih punya cara lagi untuk menghindarkan sebuah file dari tangan – tangan usil (akal akalan sendiri sih….meskipun rasanya agak ribet tapi lebih baik daripada tidak sama sekali).

Belajar dari pengalaman di masa lalu, file – file dan folder saya sering di jelajahi oleh teman tanpa ijin dan sepengetahuan saya. Lalu saya berfikir mending aku buat supaya file tersebut gak bisa dibuka, tapi pake apa ya???!!! Kira – kira seperti itulah pertanyaan yang harus saya jawab sendiri. Akhirnya, terbitlah ide konyol dari otak saya. Ahhh….mending aku rename aja file extensionnya, ya…ya…ya…!!!

Lalu saya lakukan langkah pengkamuflasean file :

  1. Buka Windows Explorer, lalu aktifkan folder option dengan cara klik menu Tool - Folder Option
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Folder Option
  3. Pilih tab ke-dua (View)
  4. Di dalam tab View tersebut hilangkan tanda cawang pada pilihan “Hide extensions for known file types"
  5. Lalu tekan OK
  6. Selanjutnya setiap file yang ada dalam komputer masing – masing ekstensi filenya akan ditampilkan
  7. Saya ambil contoh sebuah gambar yang bernama MAWAR.JPG
  8. Klik kanan file tersebut, lalu ganti ekstensi filenya sesuai dengan keinginan anda.
    Contohnya : diganti menjadi MAWAR.DOC, .XLS, .MP3, dll
  9. Sekarang kapanpun file tersebut dijalankan, tidak akan bisa membuka file aslinya.
    (Hanya anda yang tau ekstensi file aslinya, jadi jangan sampe lupa ya….)

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, bagi anda atau siapapun yang merasa pernah mempostingkan hal yang serupa dengan ini perlu saya jelaskan bahwa itu hanyalah kebetulan semata. Saya hanya mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran saya dalam bentuk posting seperti ini. Trims…….

Posting Lain Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

.:Silakan Masukkan Komentar Anda Di Sini:.
Sebelum mengetikkan komentar anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Selalu pergunakan hati suci & niat tulus anda untuk berkomentar.
2. Komentar yang anda ketikkan tidak mengandung provokasi.
3. Bacalah doa sebelum berkomentar agar hati anda selalu tenang.
Selamat Berkomentar...


Salam Blogging,
Owner : Newrule86

Grab this Widget ~ Blogger Accessories