Mengurangi Waktu Tunggu Saat Shutdown

Anggap saat ini PC sedang digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Kemudian, karena suatu hal PC ingin dimatikan (misalnya kebelet ke toilet, mau ngambil jemuran yang kehujanan, atau ada hujan uang diluar rumah). Semua aplikasi harus dibunuh dulu bukan? Tentu tidak praktis jika aplikasi itu harus dimatikan satu per satu secara manual sebelum mematikan PC. Sebagai jalan pintas, komputer bisa langsung dicabut kabel powernya…eh, ngawur. Maksudnya komputer bisa langsung dimatikan dari menu Start.

Cara barusan memang gak salah, tapi kemalasan tu harus dibayar dengan waktu shutdown yang lebih lama. Ini disebabkan karena Windows harus membunuh semua program yang dibuka terlebih dahulu. Belum lagi ada waktu tunggu yang terjadi jika ada program yang tidak merespon.

Nah, agar proses shutdown dengan cara ini bisa berlangsung lebih cepat, utak – atik registri kayaknya perlu ya….

  1. Langkah pertama, masuk registri editor dulu donk. Klik [Start] > [Run…] > kemudian ketik regedit pada kolom Open lalu tekan [Enter] dengan keras (kalo pengen keyboardmu jebol)
  2. Setelah tu, masuk ke subkey: My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\System\ControlSet001\Control.
  3. Klik dua kali string value atas nama [WaitToKillServiceTimeOut] yang bertengger di bagian kanan jendela.
  4. Ubah value data yang defaultnya bernilai 2000 dengan nilai 100.
    Angka ini adalah batas timeout dalam satuan milidetik. Artinya, jika dalam waktu 100 milidetik tidak ada respons, maka program akan dihajar secara paksa.

Sampai sini program dapat diakhiri lebih cepat, tapi masih ada satu masalah lagi. Jika program melampaui batas timeout-nya, biasanya akan muncul hambatan berupa kotak dialog yang mewajibkan anda mengklik tombol [End Task], ya toh….?

Untuk itu Anda dapat mengatasinya dengan masuk ke subkey My Computer\HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Di bagian kanan jendela, Anda akan menemukan [AutoEndTask] nangkring di situ. Pastikan value data dari string value tersebut bernilai 1. Terakhir, tutup Registri Editor kemudian restrart komputer Anda.

Posting Lain Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

.:Silakan Masukkan Komentar Anda Di Sini:.
Sebelum mengetikkan komentar anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Selalu pergunakan hati suci & niat tulus anda untuk berkomentar.
2. Komentar yang anda ketikkan tidak mengandung provokasi.
3. Bacalah doa sebelum berkomentar agar hati anda selalu tenang.
Selamat Berkomentar...


Salam Blogging,
Owner : Newrule86

Grab this Widget ~ Blogger Accessories